Tiga Angka Krusial Berebut Puncak La Liga

CO.ID, Kompetisi La Liga 2016/2017 memasuki jornada ke-25, rivalitas dua klub papan atas Real Madrid dan Barcelona kian memanas. Keduanya hanya berselisih satu poin untuk memastikan singgasana di puncak klasemen.
Memasuki awal bulan Maret 2017 ini kedua tim akan melakoni laga tengah pekan, Real Madrid bakal menjamu tim kuda hitam Las Palmas di Santiago Bernabeu pada, Kamis (2/3) dini hari nanti. Sedangkan tuan rumah Barcelona menjajal kekuatan Sporting Gijon yang tengah berjuang untuk lolos dari jurang degradasi.
Sebelumnya, Los Blancos harus berjibaku mengamankan tiga angka dari markas Villarreal. Pasukan Zinedine Zidane lebih dulu tertinggal dua gol oleh tuan rumah sebelum akhirnya Gareth Bale, Cristiano Ronaldo, dan Alvaro Morata membawa keunggulan bagi tim Ibu Kota.
Tambahan tiga angka membuat Si Putih mengoleksi 55 angka, unggul satu angka di atas Barcelona. Pun demikian, Madrid masih memiliki satu pertandingan lebih (tabungan) banyak dibandingkan sang rival.
Kini bertanding dihadapan para pendukungnya sendiri, El Real tentu tak ingin basa-basi meladeni sang tamu. Toni Kroos dkk bertekad mempersembahkan kemenangan untuk menjaga jarak dari kejaran Barcelona.
Pelatih Zinedine Zidane mengatakan bahwa kemenangan akhir pekan kemarin sangat penting untuk tetap berada di puncak (klasemen). “Kami menjalani pertandingan sulit kemarin (Villarreal). Madrid harus memiliki kesabaran dan untungnya kami memiliki itu. Saat ini yang terpenting adalah memberikan yang terbaik di atas lapangan,” ucapnya dilansir laman resmi klub, Selasa (28/2).
Namun, bukan perkara mudah bagi Los Merengues mengalahkan Las Palmas. Alasannya, tim yang saat ini bercokol di peringkat 12 ingin memutuskan tren negatif dari lima pertandingan terakhir. Ya, tim berjuluk Los Amarillos memang tengah berada dalam periode buruk, di mana mereka sudah menelan lima kekalahan beruntun di lima laga terakhir liga Spanyol.
Akan tetapi, Madrid tidak boleh meremehkan tim-tim yang tengah terluka, sebab mereka sempat bertekuk lutut atas klub pesakitan (Valencia) beberapa pekan lalu. Selain itu, Las Palmas juga menahan imbang mereka di pertemuan pertama musim ini.
“Tentu pertandingan melawan (Las Palmas) akan berjalan dengan tensi tinggi. Kami harus mengamankan kemenangan untuk terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Saya berharap kami mampu mengamankan tiga angka,” sambung entrenadro asal Prancis.
Sementara itu, juara bertahan Barcelona berambisi untuk menduduki puncak klasemen liga. Lionel Messi dkk menargetkan kemenangan saat jumpa tim ‘zona merah’ Sporting Gijon di Stadion Camp Nou.
Salah satu tridente Barca, Neymar Jr mengungkapkan bahwa dirinya optimis Blugrana dapat mempertahankan trofi liga musim ini. Attacante berdarah Brasil itu menilai timnya harus fokus kepada diri sendiri dan tidak memikirkan hal lain. “Kami hanya perlu menilai dan memperbaiki penampilan sendiri jika ingin jadi juara. Apabila berpikir tentang kekuatan tim lain itu hanya membuat kami kehilangan fokus,” kata dia dilansirSport, Senin (27/2).
Posisi kedua tim memang berbanding 180 derajat, di mana Barca berada di posisi kedua sedangkan Sporting Gijon di tempat ke-18 dengan hanya mengumpulkan 17 angka dari 24 laga. Gijon sendiri hanya butuh dua poin untuk terlepas dari zona degradasi, sehingga mereka akan berusaha mencuri angka dari Katalan.
Namun, jika meninjau sejarah pertemuan kedua tim, rasa-rasanya sulit bagi Gijon untuk mencuri poin di Camp Nou, mengingat mereka selalu pupus di lima pertemuan terakhir melawan Barcelona. Rekor kandang mereka ke markas Barcelona juga sangat buruk di mana mereka selalu kalah dalam lima lawatan terakhir.
Barca sendiri tengah dalam bahaya tersingkir lebih cepat di Liga Champions karena padaleg pertama dibantai Paris Saint-Germain (PSG) 0-4. Tetapi, Neymar mengaku saat ini timnya akan fokus pada pertandingan melawan Gijon dan tidak memikirkan leg kedua melawan PSG pada 8 Maret mendatang. “Sekarang fokus kami pada Liga Spanyol. Setelah itu, kami bersiap untuk Liga Champions.”
Pada laga ini Barca nyaris memiliki kekuatan penuh. Mereka tercatat hanya tidak bisa memainkan Aleix Vidal, Arda Turan dan Javier Mascherano yang masih mengalami cedera, selebihnya seluruh punggawa Barcelona siap tampil habis-habisan di stadion berkapasitas 99,354 bangku penonton.

cn-liqing.com data togel sgp Sumber: Republika.co ID