PSSI: Luis Milla Hampir Dipastikan Latih Timnas Indonesia

“Kami sudah berbicara dengan Milla dan sekarang sudah tahap finalisasi kontrak dan soal-soal legal,” ujar Direktur Media dan Hubungan Internasional PSSI Hanif Thamrin di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, Kamis (19/1).
Menurut Hanif, pertemuan yang dihadiri oleh Sekjen PSSI Ade Wellington tersebut berjalan dengan baik dan mengarah ke sesuatu yang positif.
“Jika semua pihak sudah sepakat, PSSI akan segera mengeluarkan pengumuman resmi. Mungkin dalam satu atau dua hari ini,” tutur dia.
PSSI memilih pelatih asal Spanyol karena menganggap konsep sepakbola Negeri Matador yang mengandalkan operan-operan datar cepat cocok untuk timnas Indonesia.
Luis Milla sendiri dikabarkan tiba di Jakarta pada Rabu (18/1). Pria yang semasa aktif pernah membela Barcelona dan Real Madrid ini sebelumnya bersaing dengan Luis Fernandez, juga asal Spanyol, untuk mengisi kursi pelatih tim Garuda usai ditinggalkan Alfred Riedl pasca-Piala AFF 2016.
Milla memiliki karier yang bagus semasa menjadi pesepakbola. Dia adalah salah satu dari segelintir pemain yang pernah membela dua klub dengan jejak rivalitas panjang di Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, mengikuti jejak beberapa nama seperti Luis Figo, Michael Laudrup dan Bernd Schuster.
Sepanjang kariernya sebagai pemain, Luis Milla sudah mencicipi berbagai gelar seperti Piala Winners UEFA, La Liga Spanyol, Piala Super Spanyol dan Piala Intertoto.
Sebagai pelatih, dia pernah mengasuh beberapa klub seperti Al Jazira di Uni Emirat Arab dan Real Zaragoza di Spanyol. Pelatih yang saat bermain berposisi sebagai gelandang ini juga pernah tim nasional usia muda Spanyol yaitu U-19, U-20, U-21 dan U-23.
Di tangannya, timnas U-19 Spanyol menjadi “runner up” Piala Eropa 2010. Setahun setelah itu, dia berhasil membawa timnas U-21 Spanyol menjadi juara Piala Eropa 2011 setelah mengalahkan Swiss dengan skor 2-0 di babak final.
Beberapa nama yang membela timnas Spanyol ketika menjadi kampiun Eropa di tahun 2011 itu kini sudah membela beberapa klub besar dunia seperti Ander Herrera dan Juan Mata, yang berkiprah di Manchester United serta Thiago Alcantara, mantan pemain muda Barcelona yang saat ini bermain untuk Bayern Muenchen.

/CAH
ANTARA

cn-liqing.com game judi online Sumber: BeritaSatu